Must Read

Teknologi Virtual Reality dalam Dunia Kesehatan

Virtual Reality (VR) adalah sebuah teknologi di mana pengguna dapat seolah-olah berada dalam dunia maya dan dapat berinteraksi dengan dunia tersebut. Kelebihan ini dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang, salah satunya untuk kepentingan dunia kesehatan. Ada 3 hal menarik yang dapat diulas mengenai penerapan VR dalam bidang kesehatan. Diantaranya, VR dapat meningkatkan kualitas dari pelatihan medis, terapi fisik, dan terapi psikologis.

VR memiliki kemampuan untuk mensimulasikan tubuh manusia. Hal ini memungkinkan terciptanya sebuah simulasi pelatihan yang tidak dapat dilakukan dengan metode konvensional. Seringkali, mahasiswa kedokteran menggunakan mayat untuk mempelajari anatomi tubuh manusia. Namun, sebuah mayat tidak tidak menunjukan reaksi yang sama dengan tubuh yang hidup, seperti contohnya jantung yang berdetak. Dengan adanya teknologi VR, sebuah pelatihan medis dapat mensimulasikan setiap bagian tubuh dalam rekonstruksi CGI 360°. Lebih lagi, VR dapat mensimulasikan suatu operasi bedah. Dalam simulasi ini, peserta pelatihan medis dapat melihat reaksi tubuh dari sebuah operasi bedah.

Selanjutnya, VR dapat meningkatkan kualitas dari terapi fisik. Sebuah studi dari Universitas Washington Seattle dan UW Harborview Burn Center, menunjukkan bahwa VR berguna sebagai pengalih perhatian bagi pasien yang menjalani terapi fisik setelah cangkok kulit. Dengan demikian, rasa nyeri bagi pasien dapat berkurang. VR untuk terapi fisik juga terbukti efektif dalam mempercepat waktu pemulihan. Pasien dapat melakukan latihan harian dalam lingkungan virtual membuat aktivitas lebih menyenangkan, membuat pasien tetap fokus, dan membantu mereka tetap bersemangat selama masa pemulihan yang lama.

Terakhir, VR dapat meningkatkan kualitas dari terapi psikologis melalui penerapan Virtual Reality Teraphy (VRT). VRT menggunakan komputer yang diprogram khusus untuk menciptakan lingkungan yang dibuat secara artifisial. Teknologi ini memberikan pengalaman simulasi bagi pasien yang dapat dimanfaatkan untuk mendiagnosis dan mengobati gangguan psikologis yang diderita pasien. Sebagai contohnya, VRT dapat dilakukan untuk mengobati phobia dengan mensimulasikan stimulusnya melalui VR. Tentunya penerapan ini di bawah kontrol dari dokter psikolog. Keunggulan dari VRT adalah kemudahan dan fleksibilitas dalam mensimulasikan tempat. Berbagai kondisi seperti pusat perbelanjaan yang ramai dapat dengan mudah dicapai melalui VR. Ada juga beberapa kondisi yang hanya bias dicapai oleh VR, seperti kemampuan untuk terbang, atau pun mensimulasikan kejadian traumatik yang serupa dengan penagalaman pasien.

Dengan demikian, VR dalam dunia kesehatan mampu menunjang dalam berbagai aspek. Secara spesifik, VR dapat meningkatkan kualitas dari pelatihan medis, terapi fisik, dan terapi psikologis.

 

Sumber:

  • https://binus.ac.id/bandung/2020/04/penggunaan-virtual-reality-untuk-dunia-kesehatan/#:~:text=Tidak%20hanya%20di%20dunia%20kedokteran,CBT)%20dengan%20teknologi%20virtual%20reality
  • https://visualise.com/virtual-reality/virtual-reality-healthcare

Related posts

Lebih Dekat Dengan DevOps

Rio Jurezky

Apa itu Virtual Reality (VR)?

Darryl Elgiva

Menjadi Virtual Reality Programmer

Rio Jurezky

Leave a Comment