Developer Must Read

Menjadi Virtual Reality Programmer

Virtual Reality

Apasih yang dilakukan VR Programmer?

VR Programmer biasanya menulis kode untuk mengembangkan game VR namun tidak terbatas pada game. Virtual Reality yang dimana user menggunakan headset atau googles yang memberikan sensasi seperti pindah ke dunia lain, lebih dari sekedar game!

VR sendiri mempunya impact yang besar tidak terbatas pada game, namun sektor kesehatan, social networking, 3D modelling, entertainment, bisnis, dan lain-lain. Dengan cakupan yang luas ini tentu VR menjadi potensi besar sebagai market yang akan ‘booming’ di masa depan dan jika kamu mau jadi VR Programmer, waktu untuk merintis karir di VR Programmer cukup banyak loh!

Kendala pada VR yang dirasakan saat ini

Tentu, seperti yang sudah dibahas, VR memang menjanjikan dan futuristik, tetapi kendala yg dialami para user VR juga sangat mengganggu, kendala yang paling sering dirasakan adalah ‘motion sickness’. Lag atau jeda antara pemain dengan movement dalam VR itu sendiri adalah salah satu faktor dari penyebab ‘motion sickness’ . Jika kamu memang memilki passion di VR, coba untuk dapat mengatasi masalah ini ya!

Apa yang harus dimiliki untuk menjadi VR Programmer?

1. Programming Skills

Skill ini sudah tidak diragukan lagi, dan sangat diperlukan, karena jika dasar programming tidak bisa, akan sangat sulit untuk maju ke tahap2 lainnya.

2. Pengetahuan Virtual Gameplay

Skill ini diperlukan agar menciptakan lingkungan dalam VR yang tidak menyebabkan ‘motion sickness’ dan tentunya menarik untuk digunakan user, dan terlebih lagi jika memang sangat terkesan ‘real’ yang membuat user benar-benar seperti pindah dunia.

3. Kreatifitas

Untuk menjadi VR Programmer, jika kamu memiliki skill ini maka ‘produk’ buatan kamu bisa menjadi terobosan baru atau bahkan ‘booming’ dengan ide-ide out of the box yang kamu miliki.

4. Kolaborasi

Tentunya skill ini harus kamu kuasai, untuk membuat VR sangat sulit untuk membuatnya sendirian, jadi kamu harus bisa berkolaborasi dengan team-team terkait untuk mewujudkan VR impian kamu, kerja team mudah-mudah-susah, tetapi kalau kamu tidak dapat handle, kerja team itu sendiri akan menjadi sangat susah dan bisa mengakibatkan project yang kamu lakukan gagal loh!

Market VR Programmer

Untuk memilih menjadi VR Programmer, tentu kamu harus tau market VR Programmer itu sendiri bukan? Apakah VR Programmer banyak dibutuhkan? dan apakah pilihan menjadi VR Programmer sangat kompetitif?

Industri Teknologi sangatlah kompetitif, namun untuk spesifik sektor seperti VR Programmer talentnya tidak banyak, begitu juga di sektor Cyber Security. Itu dikarenakan kebutuhan dalam sektor tersebut sangat tinggi namun orang yang memilih jalur tersebut tidak banyak.

Kesimpulan

Seperti yang sudah dijelaskan, ini adalah waktu yang tepat untuk merintis karir VR Programmer jika memang passion kamu disitu, jadi disaat market VR Programmer sudah menjadi competitive, kamu sudah memliki pengalaman yang cukup dari para kompetitor lain.

 

Sumber

https://industrytoday.com/how-to-pursue-a-career-in-virtual-reality/
https://www.screenskills.com/careers/job-profiles/games/programming/virtual-reality-vr-programmer/
https://elearningindustry.com/augmented-reality-in-education-impact

Related posts

Manfaat Internet of Things

Rochman Ramadhani

React Native 101 – #4 Kelebihan Menggunakan React Native

Rochman Ramadhani

React Native 101 – #3 Contoh Proses Development

Rochman Ramadhani

Leave a Comment